Definisi virus
Virus komputer adalah program komputer yang dapat menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan menyisipkan salinan dirinya sendiri ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Cara kerja virus
Virus komputer biasanya dapat merusak software dan tidak dapat merusak hardware secara langsung. Efek negatif virus komputer terutama adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti CPU Real Time, penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan.

Jenis- jenis virus komputer
spyware : ini adalah jenis virus komputer yang memantau komputer yang terinfeksi

Hacking : merupakan serangan langsung dari hacker terhadap komputer pengguna yang mengakses laman internet tertentu, dengan atau tanpa program bantuan yang telah disisipkan di komputer pengguna.

worm :virus yang menduplikat dirinya sendiri ke dalam harddisk dan membuat harddisk menjadi penuh dengan worm itu

Trojan : Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.

Virus telepon seluler : merupakan virus yang khusus berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.

dan masih banyak lagi jenis firus lainnya dan mung kin bisa bertambah lagi macam dan efeknya pada komputer seiring waktu berjalan

Cara mengatasinya:

Ini bisa di antisipasi dengan menggunakan perangkat lunak anti virus, perangkat lunak ini juga dapat mendeteksi adanya virus dan dapat menghapus virus komputer. Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis data / database/ Signature-based detection, heurestik, atau peringkat dari program itu sendiri / Quantum. Digunakan oleh Norton.

contoh anti virus:
- smadav
- McAfree
- Avast
dan masih banyak lagi.

Categories:

Leave a Reply