Akhirnya misteri itu terkuak juga ketika seorang kawan baru mengirimkan email untuk menanggapi posting saya di blog ini yang ditulis pada tanggal 23 Maret lalu. Waktu itu saya menulis tentang sebuah ‘kelainan’ yang saya temukan di garis tangan kiri saya. Kebanyakan orang, memiliki dua garis utama di permukaan telapak tangannya yakni Head line (yang berawal diantara jempol dengan telunjuk, terus ke bagian tengah telapak tangan) dan Heart Line (yang berawal di bawah kelingking). Nah, garis tangan kiri saya justru menyambung jadi satu antara Head Line dan Heart Line. Ternyata itu namanya Simian Line. Nama yang keren juga, pikir saya, namun ternyata nama itu diambil dari nama sejenis monyet yang memang memiliki pola garis tangan yang sama.. Hallah!!!
Simian Line atau Single Palmar Crease atau banyak nama lainnya ciri khasnya seperti saya jelaskan di atas tadi. Dia bisa ada di kedua tangan, maupun di salah satu tangan. Kelainan ini ditemukan pada sekitar 4 persen orang bule, sementara orang Asia jumlahnya sekitar 14 persen. Sementara di seluruh dunia, mereka yang punya simian lines ini cuma sekitar 3 persen, dan kebanyakan ditemukan pada laki-laki ketimbang perempuan. Wah, Berarti saya masuk kategori mahluk langka juga hehehe..
Tapi apa makna kelainan itu? Ada dua versi penjelasan yang berhasil saya temukan.
Versi pertama dari sisi ilmu membaca garis tangan alias palmistry.
Dari sisi ini, orang yang memiliki simian line ibarat pedang bermata dua. Menyatunya garis kepala dan garis hati konon menunjukkan bahwa orang tersebut susah memisahkan antara emosi (garis hati) dan rasio (garis kepala). Di satu sisi orang seperti ini bisa punya kemampuan kuat untuk memfokuskan diri pada satu hal tertentu, namun di sisi lain punya kecenderungan untuk melakukan sesuatu tanpa pikir panjang, hiper aktif, agresif dan cenderung tidak sabaran.
Karena kemampuannya untuk terfokus pada satu hal, seringkali orang dengan simian lines mudah mencapai apa yang sudah menjadi keinginannya. Namun demikian di sisi lain ia juga sering menghadapi lebih banyak cobaan dibandingkan orang kebanyakan. Karena itulah ia disebut bak pedang bermata dua. Bisa merugikan sekali, tapi juga bisa menguntungkan sekali.
Karena itulah, konon lagi, dengan karakteristiknya ini orang dengan simian lines banyak mengubah dunia baik untuk kebaikan maupun untuk keburukan. Beberapa tokoh dunia seperti PM Inggris Tony Blair, mantan PM Rusia Nikita Kruschev, penulis John Steinbeck dan Henry Miller katanya punya garis tangan seperti ini. Namun disisi lain lagi, banyak tokoh radikal yang dilahirkan dunia dari kalangan pemilik garis tangan simian lines, termasuk diantaranya para pencandu narkoba kelas berat dan juga pembunuh. Sayang saya tidak menemukan nama orang yang masuk kategori radikal ini. Ya mungkin karena tidak ada yang berani memeriksa garis tangan seorang radikal hahaha
Namun, mungkin ini pula alasan mengapa ada beberapa orang yang mengaku punya kemampuan membaca garis tangan, menasihati saya agar jangan menggunakan tangan kiri saya untuk memukul orang. Soalnya sakit hehehe..
Versi kedua dari sisi medis.
Konon ada banyak studi yang mengaitkan garis tangan jenis simian lines ini dengan kondisi medis tertentu yang masuk kategori abnormal, termasuk kasus-kasus kelainan seperti Down Syndrome dan Fetal Alcohol Syndrome. Namun menurut sebuah survei yang pernah dilakukan oleh seorang ahli palmistry, ada lebih banyak orang simian lines yang tidak memiliki kelainan medis.
Ya, mungkin.. ini mungkin lho.. mungkin karena orang dengan garis simian line ini hidupnya cenderung ekstrim, sehingga nasibnya pun cenderung ekstrim. Sekali apes, apes banget, sekali bagus, bagus banget.
Lantas apakah saya percaya dengan semua penjelasan itu? Dengan menaruh hormat pada para pakar palmistry, saya memilih untuk percaya pada yang baik-baik saja lah. Sama seperti membaca ramalan zodiak, dimana saya hanya percaya kalau ramalannya bagus-bagus hehehehe.. Karena itulah tulisan saya soal simian lines ini bisa jadi cenderung subyektif dan cenderung memilih yang bagus-bagus saja. Kalau mau baca yang lebih lengkap, ada macam-macam sumber informasi soal simian lines itu yang dengan mudah bisa anda dapatkan dengan bantuan mat gugel.
Saya sih memilih untuk percaya bahwa segala aspek kehidupan ini adalah berkah Allah. Mau wujudnya jelek, mau wujudnya bagus, semua itu berkah. Hanya otak kita manusia saja yang cenderung menghitam putihkan dunia, membaik burukkan manusia, dan menyusah senangkan hidup..
Demikianlah kawan-kawan, cobalah periksa garis tangan anda. Jangan-jangan anda termasuk jenis mahluk langka seperti saya hehe. Kalau anda termasuk mahluk simian, marilah bersama kita merubah dunia.. hallahh…

Categories:

3 Responses so far.

  1. webpages says:

    ane juga simian line di tangan kanan,hehehe

  2. Itha says:

    saya juga simian line di tangan kanan malah cenderung nyambung ke kiri kalau di satukan...

  3. adiost says:

    hahahaha kebetulan saia simian line di kedua tangan... lucunya. Istri dan ketiga anakku juga simian line di kedua tangan. wah jadi seru nich... but saia hanya senang baca yang positif aja kok.. yg negatif "diabaikan" xixixixi

Leave a Reply